logo blog

Tips Memilih Buah Semangka Yang Sempurna Tanpa Harus Memotongnya

Tips Memilih Buah Semangka Yang Sempurna Tanpa Harus Memotongnya

Semangka

Hampir semua orang menyukai semangka karena buah ini sangat manis dan mengandung air yang sangat segar. Selain itu semangka juga kaya akan mineral dan vitamin yang tentunya baik bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Tak jarang ketika membeli buah semangka di supermarket atau pedagang eceran, kita suka dibuat bingung untuk memilih buah semangka yang benar-benar matang dan sempurna. Alhasil kita sering salah memilih semangka yang masih belum matang atau rasanya tidak manis.

Nah, agar Anda tidak salah lagi ketika membeli semangka, Wow Menariknya punya beberapa tips memilih buah semangka yang benar-benar sudah matang, manis dan pokoknya sempurna. Anda hanya perlu memperhatikan bagian cangkang semangkanya tanpa harus memotongnya terlebih dahulu.

1. Pilihlah semangka yang agak kusam


Anda mungkin sering tertipu dengan penampilan semangka yang mengkilap dan bersih, padahal isinya tidak seperti yang Anda harapkan. Justru untuk menemukan yang sempurna, Anda harus memilih yang agak kusam karena menandakan semangka itu sudah matang dan tidak dicampur dengan bahan-bahan kimia lainnya.

2. Perhatian area kekuningan pada semangka


Ketika memilih semangka, pastikan Anda memperhatikan area berwarna kuning yang biasanya terdapat pada bagian bawah semangka. Jika area kuningnya semakin luas maka semangka itu semakin bagus dan sudah matang. Jadi, pilihlah yang area kuningnya paling luas.

3. Perhatikan garis-garis pada semangka


Selain area berwarna kuning, garis-garis pada buah semangka juga perlu Anda perhatikan seperti tampak pada gambar di atas. Garis-garis ini menunjukkan bahwa lebah telah berkali-kali menyentuh bagian penyerbukan pada pertumbuhan awal semangka. Lebih tinggi penyerbukan, maka semakin baik lagi rasa manisnya.

4. Perhatikan juga bentuk semangkanya


Menurut petani, semangka juga dibagi dua, yang satu 'perempuan' dan yang satunya lagi adalah 'laki-laki'. Yang laki-laki memiliki bentuk panjang atau lonjong yang menandakan kalau ia mengandung lebih banyak air, sedangkan yang perempuan memiliki bentuk bulat dengan tingkat rasa manis yang sangat tinggi.

5. Perhatikan bagian ekor semangka


Ekor pada semangka yang terlihat kering menunjukkan kalau semangka tersebut sudah matang, sedangkan yang masih hijau, itu berarti semangka tersebut belum terlalu matang.

Lentera Kabah

Share this:

Enter your email address to get update from ISLAM TERKINI.

Tidak ada komentar

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Kabar Ukhuwah Islamiyah - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger