logo blog

Masya Allah! KERJA NYATA ! Ratusan Kendaraan Warga Turki Konvoi Kirim Bantuan Untuk Aleppo

Masya Allah! KERJA NYATA ! Ratusan Kendaraan Warga Turki Konvoi Kirim Bantuan Untuk Aleppo



(Rakyat Turkey berkonvoi menuju perbatasan Suriah menyambut pengungsi Aleppo sambil membawa 1250 ton tepung, 20 ribu paket makanan, serta 500 truk dan 3000 mobil penuh bahan bantuan. Apa kabar Indonesia?)


Sebuah aksi kemanusian telah digelar Turki untuk mendukung warga sipil keluar dari kota Aleppo yang luluh lantak karena serangan brutal rezim Assad dan sekutunya, telah berhasil menggalang ratusan lebih kendaraan yang mengangkut bantuan kemanusiaan ke perbatasan Suriah, Jumat, 16 Desember 2016.

Aksi kemanusiaan bertajuk "The Open Road to Aleppo" menjadi saksi bergeraknya 100 kendaraan yang diorganisir sebuah yayasan bantuan kemanusiaan Turki IHH, tergabung dalam konvoi di Kayseri, sebuah kota di Provinsi Anatolia. (IHH = İnsan Hak ve Hürriyetleri ve İnsani Yardım Vakfı/ The Foundation for Human Rights and Freedoms and Humanitarian Relief)

Konvoi 100 kendaraan pembawa bantuan kemanusiaan yang diberangkatkan pada hari Jumat akan menuju perbatasan provinsi Hatay yang berdekatan dengan kota Aleppo yang kini hancur.



Sebelumnya, rombongan kendaraan pertama pembawa bantuan untuk Aleppo telah memulai perjalanan pada hari Rabu menuju gerbang perbatasan Cilvegozu di Hatay.

Musa Yilmaz, salah satu anggota dewan pimpinan IHH mengatakan, ia ingin menunjukan dukungannya bagi warga Aleppo dan bertindak bertindak untuk melawan "penyiksaan dan penganiayaan" warga sipil di Aleppo.

"Muslim ditindas, dianiaya, dan disiksa di keempat penjuru dunia, termasuk negara-negara seperti Suriah, Irak, dan Afghanistan," tegas Musa.

"Kami akan menggelar musyawarah akbar untuk mendukung Aleppo dan menjelaskan bahwa kita mendukung mereka," tambahnya.

Sementara dari provinsi Konya di Turki Tengah, dijelaskan oleh Hasan Huseyin Uysal dari IHH, sekitar 150 kendaraan ditambah 60 truk menuju ke Hatay.

"Aksi bantuan kemanusiaan kami masih berlangsung. Kami akan mencoba untuk mengupayakan penyaluran bantuan sampai kekejaman pada Aleppo berakhir "kata Uysal.

Sebuah aksi kemanusian lain yang digagas oleh Turkish Religious Foundation (TDV) dan Direktorat Urusan Agama Turki telah mengirimkan 38 truk bantuan kemanusiaan ke Suriah.

Berbicara kepada wartawan di Gerbang perbatasan Cilvegozu, kepala TDV Mustafa Tutkun mengatakan:

"Kami telah merampungkan persiapan kami untuk memenuhi kebutuhan warga sipil yang dievakuasi dari Aleppo. Kami mengharapkan akan ada lebih banyak lagi proses evakuasi," jelas Tutkun.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak berwenang lain di daerah ini agar dapat menyalurkan bantuan dengan cara yang paling efektif," tambahnya.

Tutkun mengatakan, masih ada lebih dari 10 truk bantuan lain yang akan dikirimkan ke Suriah sesegera mungkin.

Aysegul Genc, SekJen Bulan Sabit Merah Turki juga mengumumkan sebuah aksi kemanusiaan baru untuk menolong warga Aleppo.

Sementara itu, konvoi 12 truk dari provinsi Afyonkarahisar di Turki Barat juga sedang mengarah ke Hatay.

Sementara lima konvoi truk yang membawa 150 ton bahan makanan berada dalam perjalanan dari distrik Kucukcekmece di Istanbul, menuju Cilvegozu. Bantuan ini diorganisir oleh departemen agama setempat.

Di provinsi selatan Kilis, berbagai organisasi bantuan - termasuk dari Manajemen Bencana dan Kedaruratan Kepresidenan Turki dan Bulan Sabit Merah - mengirim bantuan kemanusiaan ke Suriah melalui gerbang perbatasan Oncupinar.

Bantuan tersebut termasuk makanan, pakaian, batubara, selimut, sepatu, dan makanan bayi.

Setidaknya, sejauh ini sudah ada 7.500 warga sipil meninggalkan Aleppo timur untuk mengungsi ke daerah aman di Idlib, menurut pejabat kelompok oposisi Suriah.

Sejak pertengahan November, lebih dari 775 warga sipil telah tewas dan 2.500 terluka dalam serangan rezim ke kota Aleppo, yang dikuasai kelompok oposisi, menurut pejabat pertahanan sipil setempat.

Suriah telah terkunci dalam perang saudara yang merusak sejak awal 2011, ketika rezim Bashar al-Assad dengan membabi buta menumpas protes kelompok pro demokrasi, yang meletus sebagai bagian dari rangkaian perlawanan kelompok pro demokrasi di seluruh penjuru Arab.

Sejak itu, ratusan ribu orang diyakini telah tewas dan jutaan lainnya mengungsi akibat konflik.

Sumber: Kantor Berita Turki Anadolu Agency

**| republished by Lentera Kabah
Lentera Kabah

Share this:

Enter your email address to get update from ISLAM TERKINI.

Tidak ada komentar

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Kabar Ukhuwah Islamiyah - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger