logo blog

Membaca Hauqalah Saat Adzan Berkumandang, Inilah Keutamaannya

Membaca Hauqalah Saat Adzan Berkumandang, Inilah Keutamaannya


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuh1NLJa9YAB55Y6ABBToQxIq6JMF_OlNTtuIj-w3AwYynN3yDlT6PZEaacBm_M_d8r1E3LZcYgq5iUtbwXqpHq6L1eRksjaLZRNDDy5HNhlf8oBCaa7JXsn55aOUQLmVm8WNTmz3oiHog/s1600/adzan+nabawi.jpg

KETIKA adzan berkumandang, alangkah lebih baik jika kita berhenti sejenak dari aktivitas. Kita dengarkan kumandang adzan tersebut. Kemudian, kita jawab setiap kalimat yang diserukan. Salah satu kalimat yang dapat kita baca ketika adzan ialah hauqalah (Laa haula walaa quwwata illa billah). Memang apa maknanya?

Hauqalah kita baca sebagai bentuk kelemahan dan ketidakberdayaan diri di hadapan-Nya. Ketika adzan berkumandang dan muadzin mengucapkan, Hayya ‘alash-shalaah dan Hayya ‘alal-Falaah, kita yang mendengarkan mengucapkan hauqalah, yang artinya tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah. Sebagaimana diriwayatkan Muslim dari Umar bin Khaththab.

Kita juga dapat mengetahui keutamaan hauqalah dengan menyitir hadis Rasulullah ﷺ. Beliau pernah bersabda kepada Abdullah bin Qais, “Wahai Abdullah bin Qais,” kata beliau ﷺ, “maukah aku tunjukanlah salah satu dari harta perbendaharaan surga?”

“Tentu mau, wahai Rasulullah,” jawab Abdullah.

Beliau ﷺ pun bersabda, “Ucapkanlah laa haula walaa quwwata ilaa billah,” (HR. Bukhari dan Muslim).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiM3VSeSI3CtPGMgI5Lo63S0E7YtY3MOOSzBtNGFl2WwVh1TGG8psSrjI_LaaK-hyZC3YzUBoMqj1xJWZ7fXXqDjiecS7YeSZm-HPtrYivs-8xR3NiLwIniXaBizxoHGUu1ciIj8ti2B2s/s1600/azan1.jpg

Dalam riwayat Ahmad, Rasulullah ﷺ pernah berpesan kepada Abu Dzar, di antaranya memerintahkan agar memperbanyak ucapan Laa haula walaa quwwata illa billah, karena kalimat tersebut termasuk simpanan di bawah ‘Arsy.

Banyak-banyak atau sering-sering mengucapkan hauqalah akan memberikan kekuatan kepada kita. Karena ketika kita mengadukan kelemahan diri di hadapan Allah, Dia akan memberikan kekuatan kepada kita.

Juga dalam riwayat Ahmad disebutkan, Rasulullah ﷺ bersabda bahwa yang disebut dengan al-baqiyah ash-shalihah (amal shaleh yang kekal) adalah ucapan Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaaha illallah Allahu Akbar wa laa haula walaa quwwata illa billah.” Wallahu ‘alam.

**| republished by Lentera Kabah
Lentera Kabah

Share this:

Enter your email address to get update from ISLAM TERKINI.

Tidak ada komentar

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Kabar Ukhuwah Islamiyah - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger