logo blog

Bolehkah Imam Shalat Tarawih Membaca Surat Dengan Menggunakan Mushaf?

Bolehkah Imam Shalat Tarawih Membaca Surat Dengan Menggunakan Mushaf?



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1ZWHveyu4kzaA9OSLFOWZNt0CHhF02WVEDe9b3BOSHvWLaZ6ZZMAElnoCZC-M_tszPR_yuNnSau41AoAoBhV_r0UXdJNuDxbPrqamisS5RvIdZ4JWNe80uQZKCYmH4cdwyxKZlQEUDZM/s1600/sholat-membaca-mushaf.jpg

TANYA:

Saya melihat ketika bulan Ramadhan di Mansharim seorang imam memegang mushaf dan membacanya,
kemudian dia meletakkan di sampingnya dan mengulang-ulang hal itu hingga selesai shalat tarawih, Jika perbuatan tersebut diperbolehkan, manakah dalil dari Kitabullah dan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?

Jawab:

Tidak mengapa seorang imam membaca dengan melihat mushaf pada saat shalat Tarawih, agar para makmum kedapatan pernah mendengar seluruh (ayat) Alquran.

Dalil-dalil syar’i dari al-Kitab dan as-Sunnah telah menunjukkan disyariatkannya membaca Alquran ketika shalat, hal ini berlaku umum baik membaca dengan melihat mushaf ataupun dengan hafalan.

Telah disebutkan pula dari Aisyah radhiallahu ‘anha, bahwa beliau memerintahkan budaknya Dzakwan untuk mengimaminya ketika shalat tarawih, ketika itu Dzakwan membaca dengan melihat mushaf. Riwayat ini disebutkan oleh Al-Bukhari di dalam Shahihnya secara mu’allaq dan beliau memastikan.


**| republished by Lentera Kabah
Lentera Kabah

Share this:

Enter your email address to get update from ISLAM TERKINI.

Tidak ada komentar

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Kabar Ukhuwah Islamiyah - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger